Cara Melakukan Diet Kentang Agar Badan Cepat Langsing

Diet kentang – Kentang adalah salah satu makanan yang mengandung karbohidrat. Hal ini membuat kentang dijadikan makanan pengganti nasi bagi mereka yang sedang menjalankan program diet.  Namun benarkah kentang adalah makanan yang tepat untuk diet anda ?

diet kentang

Memang kentang adalah makanan yang mengandung banyak nutrisi yang penting untuk tubuh kita. Kandungan kentang seperti kalium, vitamin C, Vitamin B6, kalsium,zat besi dan masih banyak lagi sangat baik untuk kesehatan kita. Hal ini yang membuat kentang dijadikan sebagai makanan untuk diet. Alasan kentang dapat membantu dalam program diet anda adalah :

  1. Kentang adalah makanan yang dapat mengontrol nafsu makan

Hal ini karena kentang mengandung proteinase inhibator yang mampu menekan nafsu makan kita.  Selain itu, kentang akan memberikan kepuasan yang tinggi setelah memakannya.

  1. Kentang kaya akan serat

Kandungan serat dalam kentang akan membuat kita kenyang lebih lama, dan dapat mengontrol nafsu makan kita. Selain itu, kentang juga dapat melancarkan pencernaan kita dan mencegah sembelit karena kandungan seratnya.

Walaupun kentang mengandung serat yang tinggi dan nutrisi penting lainnya, namun kentang juga ternyata mengandung indeks glikemik yan tinggi lho. Apa itu indeks glikemik ? indeks glikemik adalah kemampuan untuk mengubah karbohidrat dalam kentang dipecah menjadi gula dengan cepat, sehingga akan membuat kadar gula dalam darah naik lebih cepat. Hal ini tentu sangat berbahaya bagi mereka yang memiliki penyakit diabetes.  Kentang juga dapat meningkatkan penyimpanan lemak, sehingga beresiko menimbulkan obesitas atau kegemukan.

Namun, anda juga tidak perlu khawatir ya, karena jika dengan cara memasak serta mengkonsumsi yang benar, kentang memang mampu untuk menurunkan berat badan anda. Lalu bagaimana cara mengkonsumsi kentang yang benar ? berikut caranya :

  1. Makan dengan kulitnya

Hal ini karena didalam kulit kentang justru tersimpan kandungan serat yang sangat baik bagi kesehatan anda. Serat dalam kulit kentang inilah yang dapat mengontrol nafsu makan anda.

  1. Makan kentang dalam keadaan dingin

Kentang yang sudah dingin, mengandung indeks glikemik yang tidak tinggi bila dibandingkan kentang dalam keadaan panas.  Anda dapat mengkonsumsi salad kentang yang dingin, agar kadar glikemiknya turun.

  1. Makan kentang dengan makanan sumber protein dan lemak sehat

Sebaiknya makan kentang dengan makanan lain yang kaya akan protein, seperti ikan agar dapat memperlambat penyerapan karbohidrat dalam kentang. Hal ini juga akan memperlambat efek indeks glikemik dalam tubuh kita.

Jadi sudah jelas ya cara mengkonsumsi kentang yang benar agar diet kita berhasil. Semoga artikel ini membantu. Sampai jumpa !

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *